Belajar Meneliti Bersama Divisi Penelitian KOMAHI UMY

DIVISI Penelitian KOMAHI UMY mengadakan acara Research School, pada (17/2), kemarin. Research School ini merupakan kelas yang dilaksanakan dalam enam pertemuan dengan pembahasan yang fokus pada berbagai macam bidang penelitian. Research School yang pertama membahas mengenai pengenalan penelitian, metode penelitian, cara membuat daftar pustaka yang baik, dan sebagainya. Sampai pertemuan terakhir output peserta yaitu membuat jurnal.

“Dengan melihat animo masyarakat HI saat ini, Divisi Penelitian mengadakan Research School karena banyak mahasiswa yang penasaran bagaimana cara bikin daftar pustaka yang baik, bibliografi yang baik, dan sebagainya. Selain itu juga kita berkecimpung di dunia HI, dunia Internasonal yang pastinya tidak jauh-jauh dari meneliti. Divisi Penelitian ini menjadi wadah yang menampung mahasiswa HI yang memiliki ketertarikan dalam meneliti.” Ungkap Rifial Febrianto,  selaku ketua pelaksana Research School.

Di Research School yang pertama ini, ada dua pembicara yang dihadirkan, yakni Adde Ma’ruf Wirasenjaya (Dosen HI UMY) dan Adhikatama (Alumni HI UGM yang pernah bergabung dalam team mini riset NUS Singapore). Sementara peserta dari Research School ini sendiri adalah masyarakat HI UMY.

Kelas ini dilaksanakan di Ruang Simulasi Sidang ASEAN (Simsid ASEAN) yang cukup untuk menampung 40 orang peserta. Sejak awal antusiasme peserta dari Research School memang sudah luar biasa, tak sedikit peserta yang kecewa karena seat  terbatas yang disediakan panitia.

“Bagus dan pastinya menambah ilmu, karena benar-benar diajarkan cara meneliti yang baik, yang tentu diharapkan dapat membantu juga dalam perkuliahan nantinya.” Ujar Engka Anais, salah satu peserta Research School saat diwawancarai setelah kelas selesai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*