INFRAME is Back!

KORPS Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) mengadakan course Jurnalistik bertajuk ’INFRAME’ (International Relations Fabulous Journalism Course). Di tahun kedua penyelenggaraan ini, mengambil topik “Jelajah Jurnalistik, Eksistensi Sastra, Serta Peran Media di Era Keberagaman Informasi”, Kamis (13/04). Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung AR Fachruddin B lantai 5, Kampus Terpadu UMY, menghadirkan empat pembicara ahli dibidangnya.

Pemateri pertama adalah Gadis Rafhida selaku Penyiar Radio Bantul dan juga aktif sebagai presenter di InspiraTV. Dalam sesinya, Gadis banyak membahas mengenai pentingnya keberanian dari anak muda terutama jika mau bertahan di media sekarang. Materi selanjutnya berbicara tentang keberagaman informasi dan disampaikan oleh Redaktur Swara Kampus Kedaulatan Rakyat, Krisno Wibowo.

Sesi yang paling ditunggu adalah sesi ketiga, dimana pembicara dalam sesi ini adalah Fotografer Nasional, Arbain Rambey. Ini merupakan kali kedua Rambey menghadiri course yang diselenggarakan oleh KOMAHI UMY, setelah tahun lalu. Sesi tanya jawab menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh peserta. Banyak pertanyaan yang muncul di sesi tanya jawab, mulai dari pertanyaan seputar teknik fotografi, pengalaman 26 tahun di Kompas, serta semangat menginspirasi walaupun menyisakan 4 tahun sebelum memasuki masa pensiun.

Sesi terakhir INFRAME, diisi oleh Fajar Junaedi, yang merupakan penulis buku Menulis Kreatif, Merayakan Sepakbola, serta Jurnalisme Penyiaran. Fajar Junaedi dalam sesinya menjalaskan mengenai pentingnya seorang mahasiswa terutama untuk dapat menulis, apalagi dapat menerbitkan buku dikemudian hari. Inilah yang dia lakukan ketika menjadi Dosen Ilmu Komunikasi UMY, untuk memacu semangat mahasiswanya untuk menulis.

Reporter : Mustofa (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara Yogyakarta)
Editor       : Muhammad Reza Amba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*