• Selamat atas dilantiknya Wita Agil Ananda K.M sebagai ketua umum KOMAHI UMY periode 2016/2017
  • KOMAHI UMY berfungsi sebagai wadah kreativitas dan perjuangan aspirasi mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UMY

[ PRESS RELEASE RAKORWIL #5 ]

Rapat koordinasi wilayah Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia ( FKMHII ) wilayah IV telah berlangsung di Universitas Diponegoro – Semarang pada Sabtu, 22 April 2017 yang sekaligus merupakan rapat koordinasi terakhir menjelang Pertemuan Sela Nasional di Universitas Jenderal Achmad Yani. Rakorwil bulan ini sedikit berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, karena selain dihadiri oleh pengurus wilayah, turut pula dihadiri oleh seluruh delegasi universitas anggota wilayah IV yang akan mengikuti PSNMHII XXIX Unjani yaitu UGM, UII, UKSW, UMY, UNDIP, UNISRI, UNRIYO, UNS, UNSOED, UPN, serta UWH. Rakorwil kali ini begitu mendapat sambutan hangat dari Ketua Departemen Hubungan Internasional Universitas Diponegoro yang disampaikan dalam pembukaan rapat koordinasi wilayah.

Terdapat  beberapa agenda utama yang dibahaskan dalam pertemuan kali ini. Agenda pertama terkait persiapan delegasi PSNMHII XXIX Unjani. Semua universitas di Korwil IV telah siap untuk mengikuti PSNMHII XXIX yang akan dilaksanakan dua pekan lagi yakni pada 7 – 11 Mei mendatang. Pada rapat koordinasi ini, Wilayah IV juga telah melakuan evaluasi perkembangan FML ( FKMHII Milestones and Legacies ) yang nantinya akan dipresentasikan pada saat Sidang Forum Pertemuan Nasional berlangsung di Unjani. Selain itu, diagendakan pula “sharing session” terkait pengalaman delegasi di wilayah IV yang pernah mengikuti Chamber Paper  Presentation dan Video Competition yang dihelat pada setiap Pertemuan Sela Nasional. Diharapkan sharing pengalaman yang telah disampaikan dapat memantik kembali semangat delegasi wilayah IV yang akan berkompetisi di nasional sekaligus untuk menyemarakkan pula pentingnya keterlibatan mahasiswa HI di wilayah IV dalam pengembangan kapasitas diri melalui agenda – agenda lomba dalam Pertemuan Nasional.

Selanjutnya, dilaksanakan photoshoot kepengurusan FKMHII Wilayah IV periode 2016/2017 yang berlangsung dengan penuh keseruan dari rekan – rekan pengurus wilayah. Setelah euforia photoshoot berakhir, rapat dilanjutkan kembali dengan agenda pembahasan yang kedua, yakni progress program kerja dan kepanitiaan divisi. Persiapan makrab yang dilaksanakan kurang dari seminggu lagi rencananya selain dihadiri oleh representasi universitas juga akan dihadiri oleh beberapa tamu undangan yang merupakan jajaran pengurus dan koordinator wilayah IV periode sebelumnya. Tuan rumah Makrab korwil IV, Himahi UPN Veteran Yogyakarta begitu menyambut hangat kedatangan seluruh delegasi dari mahasiswa HI se – Jateng dan DIY untuk merasakan keseruan dan kekeluargaan FKMHII Wilayah IV. Selain itu, untuk perkembangan Mahabharata Debate Competition yakni perlombaan debat bahasa Indonesia yang akan dihelat pada minggu ke-3 mei mendatang sudah semakin progresif. Hal ini ditandai dengan ikut sertanya beberapa universitas dari luar wilayah IV bahkan terdapat universitas yang berasal dari Korwil V yakni Universitas Sulawesi Barat.

Agenda yang terakhir yaitu Evaluasi I kerja divisi FKMHII Wilayah IV. Seluruh chair person divisi menyampaikan beberapa evaluasi kinerja terkait program – program kerja yang telah berjalan. Koordinator Wilayah IV, Amelia Katemba menyampaikan bahwa evaluasi ini adalah bagian terpenting dalam hubungan koordinasi antar pengurus guna membenahi dan memaksimalkan kinerja sampai berakhirnnya kepengurusan di FKMHII. Agenda ini rencananya akan dilaksanakan sebanyak tiga kali hingga penetapan koordinator wilayah yang baru periode 2017/ 2018.

Sampai jumpa di rapat koordinasi wilayah bulan Mei mendatang!

Salam hangat,
Koordinator FKMHII Wilayah IV
Amelia Katemba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*