Diklat Desain merupakan salah satu program kerja Komahi UMY yang menargetkan Divisi Pers Mahasiswa. Agenda yang diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom pada 18 Oktober 2020 lalu memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan memberikan pelatihan kepada pengurus Divisi Pers Mahasiswa khususnya dalam bidang desain grafis. Seiring waktu, beberapa orang lebih tertarik melihat gambar yang memberikan informasi lebih ringkas dan lebih menarik (seperti infografis) dibandingkan dengan redaksi berita yang terlalu panjang dan terkesan monoton. Maka dari itu melalui program kerja ini diharapkan Pengurus Divisi Pers Mahasiswa dapat memahami bagaimana cara mengubah suatu informasi yang dapat disajikan dalam bentuk teks yang dipadukan dengan elemen-elemen visual seperti ilustrasi, grafik, maupun tipografi.

Agenda ini dibagi kedalam dua sesi, kedua pemateri berasal dari anggota Divisi Pers Mahasiswa itu sendiri. Agenda dibuka dengan pemberian penjelasan oleh Rizki Setiawan mengenai bagaimana cara pengolahan serta tahapan-tahapan dalam menyunting suatu redaksi kedalam sebuah infografis. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai melakukan editing mudah dengan menggunakan smartphone menggunakan aplikasi Canva, Lightroom, dan Background Eraser. Dilanjutkan dengan sesi kedua oleh mengenai proses penyuntingan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop yang dibawakan oleh Hijratul Akbar. Pembicara materi kedua secara secara rinci memberikan arahan bagaimana cara pengolahan sebuah desain grafis agar terkesan lebih inovatif sehingga para pembaca lebih tertarik untuk membacanya. Melalui Diklat ini diperoleh banyak pengetahuan yang dikemudian hari dapat berguna untuk menunjang skill Pengurus Divisi Pers Mahasiswa dalam bidang desain grafis. (hp/kny)

Infografis dari Agenda Diklat Desain bisa diakses melalui Instagram Komahi UMY https://www.instagram.com/p/CHfBIqLgpqv/?igshid=15h574wwxht07

Komahi UMY

Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Komahi UMY) diresmikan pada 8 Agustus 1988, dan merupakan satu-satunya himpunan mahasiswa jurusan di prodi HI. Website beserta seluruh media sosial Komahi UMY, dikelola oleh Divisi Pers Mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *