IR Visit 2020 merupakan agenda tahunan dari Divisi Jaringan dan Kerjasama. Tahun ini IR Visit memilih Indonesia sebagai tuan rumah instansi yang akan dikunjungi, serta memilih Project Child sebagai instansi yang ada dalam bidang NGO (Non-Governmental Organization). Agenda ini dilaksanakan pada 23 Oktober 2020. Dikarenakan adanya pandemi covid-19, agenda IR Visit 2020 dilaksanakan secara virtual.

Project Child Indonesia adalah organisasi non-profit yang berbasis pada pemberdayaan anak, juga bekerja untuk mengentaskan kemiskinan terhadap komunitas pesisir dan tepi sungai di Indonesia. Saat ini terhitung 34.200 anggota komunitas yang telah dilayani dan 1000 orang telah berpartisipasi menjadi relawan. Mereka memiliki tiga program utama yaitu, Sekolah Sungai, Sekolah Pantai dan Program Literasi Internet.

Sekolah Sungai merupakan program yang ditujukan kepada masyarakat yang berada di sungai Kricak, Gajah Wong dan Code. Ketiga sungai tersebut merupakan sungai yang ada di Yogykarta. Mayoritas masyarakat yang berada di wilayh sungai bantuan tersbeut dinilai rentan dari segi ekonomi, rawan bencana dan polusi. Sekolah Pantai merupakan fasilitas pengajaran yang menawarkan anak-anak untuk mendapatkan pengalaman dan pembelajaran. Dengan mengunjungi Sekolah Pantai para siswa dapat memiliki kesempatan untuk menjelajahi ruang baru dan alami untuk belajar. Program Literasi Internet (ILP) merupakan program pendidikan yang berfokus pada kesadaran digital. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan kemampuan anak-anak dalam menyerap informasi digital.

Dalam merespon pandemi covid-19 ini, Project Child juga membuka program Dapur Umum, Distribusi AID dan Bantuan Belajar Online. Ketiga program tersebut menjadi penunjang program tambahan selama pandemi ini, mengingat program sebelumnya belum bisa dilakukan secara maksimal disituasi saat ini. Project Child juga membuka volunteering dan magang bagi kalangan umum yang memang berminat. (VQ)

Komahi UMY

Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Komahi UMY) diresmikan pada 8 Agustus 1988, dan merupakan satu-satunya himpunan mahasiswa jurusan di prodi HI. Website beserta seluruh media sosial Komahi UMY, dikelola oleh Divisi Pers Mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *