Masa Ta’aruf Hubungan Internasional atau lebih dikenal dengan Mataf HI merupakan salah satu agenda tahunan yang diadakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru program studi Hubungan Internsional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mataf HI UMY 2020 mengangkat tema “The Significance of Youth Solidarity in Fighting Against Racism” dengan tagline ‘act with sympathy, stand in solidarity, live in serenity’ diketuai oleh Amar Ramadhan Munaiseche dan berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom pada 30 September 2020. Terpilihnya tema ini tidak terlepas dari isu rasisme yang hangat dibicarakan dalam jurusan HI. Rasisme pada dasarnya merupakan basis ideologi dengan pemikiran bahwa terdapat ras yang memiliki keunggulan dan kemampuan lebih dibanding dengan ras yang lain. Oleh karenanya peran pemuda sebagai agent of change dengan meningkatkan solidaritas sangatlah dibutuhkan untuk mengubah pola pemikiran seperti itu.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu diselenggarakan di kampus, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 maka Mataf diselenggarakan dengan alternatif secara daring namun tidak mengurangi animo peserta dan suasana Mataf. Mahasiswa baru dibagi kedalam 15 delegasi untuk melaksanakan tugas sebagai salah satu rangkaian Mataf. Para delegasi saling berkompetisi untuk menunjukkan kemampuan sebagai satu tim yang akhirnya mengeluarkan Delegasi Prancis sebagai pemenang Best Video Presentation dan Delegasi Spanyol sebagai pemenang Best Delegate.

Masa Taaruf HI UMY mengangkat isu rasisme yang dikemas dalam talkshow bersama Dr. Sugito, S.IP., M.Si selaku dosen HI UMY yang membawakan materi dari perspektif pemerintah dan Andreas Harsono dari perspektif anak muda. Kemudian pemaparan pengenalan kurikulum dilakukan sebagai langkah awal mahasiswa untuk lebih memahami program studi HI. Selain itu juga dipersembahkan video tour kampus sebagai pengganti atas ketidakhadiran mahasiswa baru secara langsung, pengenalan FKMHII oleh Audry Maura sebagai Presnas FKMHII Korwil IV, pemutaran video singkat pengenalan Komahi UMY, dan sharing alumni oleh Muhammad Reza Amba. (rr)

Komahi UMY

Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Komahi UMY) diresmikan pada 8 Agustus 1988, dan merupakan satu-satunya himpunan mahasiswa jurusan di prodi HI. Website beserta seluruh media sosial Komahi UMY, dikelola oleh Divisi Pers Mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *