GBHO

RANCANGAN GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI

KORPS MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

PERIODE 2016/2017

 

 

                     BAB I                    

PENDAHULUAN

     A. IKHTISAR

     Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) adalah landasan gerak organisasi Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) sebagai kehendak dan aktivitas mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) serta alat kelengkapan organisasi yang ada. Pada hakekatnya merupakan tafsiran dari bab III Anggaran Dasar tentang usaha organisasi yang bentuknya merupakan program-program organisasi dari, oleh, dan untuk mahasiswa HI UMY beserta masyarakatnya secara menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan.

Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) merupakan langkah-langkah perwujudan tujuan KOMAHI UMY yang termaktub dalam Anggaran Dasar bab II bahwa KOMAHI UMY bertujuan sebagai gerakan intelektual serta wadah kreativitas dan perjuangan aspirasi mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional

      B. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan ditetapkannya GBHO adalah untuk memberikan pedoman dan arahan bagi jalannya KOMAHI UMY, serta sebagai kerangka landasan umum yang dapat mewujudkan tujuannya secara bertahap dan berkesinambungan.

       C. LANDASAN

Landasan organisasi KOMAHI UMY adalah Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) karena keberadaannya merupakan hasil konsensus tertinggi di organisasi yang disepakati secara bersama-sama untuk memperjuangkan terwujudnya mahasiswa yang adil, sejahtera, aspiratif, dan demokratis serta bertakwa kepada Allah SWT.

     D. SISTEMATIKA DAN PENYUSUNAN

Untuk dapat memperjelas arahan pencapaian tujuan, maka diperlukan aktivitas organisasi baik pola kerja jangka panjang, menengah, maupun pendek. Pola kerja tersebut disusun dalam sistematika sebagai berikut:

  1. Pendahuluan
  2. Pola dasar organisasi
  3. Pola umum organisasi
  4. Penutup.

Sistematika penjelasan GBHO tersebut penjabarannya dituangkan dalam program kerja KOMAHI UMY, pedoman organisasi dan garis-garis organisasi lainnya. Karena dalam situasi dan kondisi organisasi mengalami perkembangan secara terus menerus, maka GBHO ini perlu ditinjau kembali di setiap Musyawarah Keluarga Besar Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MUKBES KOMAHI UMY) untuk disempurnakan agar dapat menjangkau sasaran organisasi secara tepat.

 

BAB II

POLA DASAR ORGANISASI

      A. PENDAHULUAN

          Pola dasar organisasi adalah sebuah kerangka kerja yang menjadi acuan untuk mencapai tujuan organisasi.

     B. PRINSIP DASAR ORGANISASI

Prinsip-prinsip dasar organisasi yang harus dijalankan dalam rangka mencapai tujuan organisasi, diantaranya:

  1. Setiap kebijakan KOMAHI UMY harus didasarkan pada AD/ART.
  2. Setiap kebijakan KOMAHI UMY merupakan cerminan aspirasi dari mahasiswa HI UMY.
  3. Setiap kebijakan KOMAHI UMY harus bermanfaat bagi mahasiswa HI UMY pada khususnya dan mahasiswa UMY pada umumnya.

     C. TUJUAN ORGANISASI

Tujuan organisasi adalah sebagai gerakan intelektual, wadah kreatifitas dan perjuangan aspirasi, lembaga yang mandiri bagi mahasiswa HI UMY, dan penataan sistem keorganisasian serta perluasan jaringan kerjasama demi tercapainya hubungan yang sinergis.

 

 

BAB III

POLA UMUM ORGANISASI

     A. PENDAHULUAN

Pola umum organisasi disusun berdasarkan pada pola dasar organisasi, sebagai acuan organisasi dan lingkungannya atas beberapa pertimbangan sebagai berikut:

  1. Pertimbangan dasar dan tujuan

Program kerja harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga untuk mewujudkannya perlu dibuat perencanaan yang sistematis, integralistik, dan inovatif agar tiap program kerja dapat  berjalan efektif.

  1. Pertimbangan historis

KOMAHI UMY adalah himpunan mahasiswa di tingkat Jurusan/Program Studi Ilmu Hubungan Internasional UMY sebagai wadah aktualisasi aspirasi mahasiswa HI UMY.

     B. ARAH UMUM ORGANISASI

  1. Sistem kerja organisasi dilakukan secara bertahap untuk meningkatkan kondisi organisasi agar lebih kondusif dan profesional demi mewujudkan sosialisasi dan realisasi program kerja.
  2. Perwujudan program kerja sebagai upaya yang sistematis, integralistik, dan inovatif harus didasarkan pada dinamika internal dan eksternal organisasi.

     C. ASAS ORGANISASI

1. Asas Islam

Asas Islam berarti bahwa segenap pemikiran, usaha, dan program serta aktivitas KOMAHI UMY didasarkan hanya untuk mengabdi dan mengharapkan rida Allah SWT

  1. Asas Berkeadilan

Dalam mewujudkan tujuan organisasi yang adil, optimal, dan bertanggung jawab maka organisasi didasarkan pada pembagian kerja yang jelas dan transfer ilmu yang proporsional.

  1. Asas Demokratis

Konsekuensi logis sebuah kerja organisasi harus ditegakkan atas landasan       keadilan, kebenaran, dan manfaat bagi mahasiswa HI UMY serta masyarakat di sekitarnya, dalam rangka mewujudkan mahasiswa yang kritis, populis, imani, humanis, dan inovatif, yang bersumber dari komitmen pribadi yang mempunyai wawasan pemikiran dan eksistensi hukum sehingga dapat mempengaruhi gerak komunitas mahasiswa HI UMY secara keseluruhan.

  1. Asas Inovatif

Asas inovatif mempunyai pengertian bahwa segala sesuatu baik pemikiran maupun respon terhadap fenomena dan realitas kehidupan sosial harus mengarah kepada pembaharuan yang didasarkan pada pemikiran dan tindakan yang kreatif, kritis, dan dinamis sesuai dengan perkembangan zaman.

     D. SUMBER DAYA, GERAK, DAN TANTANGAN ORGANISASI

 

  1. Sumber Daya Organisasi

1.1. Mahasiswa HI UMY

Mahasiswa HI UMY merupakan sumber daya yang potensial karena memiliki kemampuan yang dapat diandalkan dan diberdayakan untuk menyelesaikan tugas-tugas organisasi, juga berpotensi untuk menjadi pembimbing, pendidik, dan pemimpin masyarakat.

 

1.2. Relasi Internal dan Eksternal

Relasi merupakan hubungan kerjasama yang dilakukan dalam menghasilkan hubungan yang sinergis untuk menyukseskan tujuan-tujuan organisasi.

 

  1. Gerak Organisasi

2.1. Kemandirian Lembaga

KOMAHI UMY memiliki pengembangan misi dan gerak organisasi yang sesuai dengan landasannya dan bebas dari intervensi yang bersifat organisasional, personal, dan kebijakan organisasi.

 

2.2. Kooperatif

  1. Dalam menjalankan gerak organisasi, KOMAHI UMY mengedepankan semangat kerjasama dengan berbagai pihak yang mendukung visi dan misi KOMAHI UMY.
  2. Dalam menjalankan gerak organisasi, KOMAHI UMY mengedepankan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.
  3. Dalam menjalankan gerak organisasi, KOMAHI UMY menjunjung tinggi keterbukaan yang mengedepankan semangat kerjasama secara kekeluargaan dengan berbagai pihak.

 

  1. Tantangan Organisasi

 

3.1.  Tantangan Internal

 

3.1.1. Kondisi Kemahasiswaan

Kurangnya kepedulian dan partisipasi serta adanya sentimen dari mahasiswa HI UMY terhadap laju gerak organisasi KOMAHI UMY sehingga menghambat pencapaian tujuan organisasi.

 

3.1.2. Kondisi Lembaga KOMAHI UMY

Kondisi lembaga yang ada di tingkatan Jurusan/Program Studi Ilmu Hubungan Internasional UMY memerlukan adanya peningkatan fasilitas pendukung dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional.

 

3.1.3. Laju Gerak Organisasi

Sebagai lembaga kemahasiswaan jurusan, laju gerak organisasi belum sepenuhnya mampu memperjuangkan hak, kehendak, dan kepentingan mahasiswa HI UMY.

 

3.2.  Tantangan Eksternal

 

3.2.1. Daya Saing Mahasiswa

Meningkatnya kompetisi antarmahasiswa, dengan sendirinya menuntut peningkatan kualitas mahasiswa HI UMY sehingga dapat berkompetisi dan meningkatkan eksistensi KOMAHI UMY.

 

3.2.2. Sistem Komunikasi

Kurangnya komunikasi yang intensif antara KOMAHI UMY dengan pihak birokrat menyebabkan laju gerak organisasi mengalami hambatan.

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

GBHO ini akan digunakan sebagai landasan ke depan bagi KOMAHI UMY dan hal-hal yang belum termaktub akan diatur kemudian.