Panduan Pembayaran dan Registrasi KRS

Note : Rincian pembayaran dibawah ini disesuaikan dengan rincian pembayaran mahasiswa semester II , bagi mahasiswa angkatan 2007 , 2008 , dan 2009 , silahkan menyesuaikan dengan jumlah pembayaran . Untuk tata cara key-in dan pembayaran sama .

Mungkin masih banyak mahasiswa yang bingung untuk melakukan pembayaran dan registrasi key – in khususnya mahasiswa semester II , kami hadir untuk memberikan informasi seputar proses pembayaran , dan key – in . Dibawah ini akan kami paparkan langkah – langkah yang harus kawan – kawan lakukan untuk terdaftar sebagai mahasiswa aktif semester II .

Pertama , melakukan pembayaran di Teller Bank di Gedung AR-Fachruddin B Lt. 1 , disana terdapat dua bank , yakni bank Bukopin dan bank Syariah Mandiri , silahkan pilih salah satu . Apa yang harus dilakukan ?

via Teller

1. Mengisi blanko pembayaran yang dapat diambil didepan loket pembayaran .
2. Isian blanko pembayaran antara lain , DPP/Shadaqoh sejumlah Rp.1.950.000 , kemudian Deposit (SPP Variabel ) sejumlah Rp.1.800.000 , dan biaya pokok (Registrasi , SPP Tetap , dan UKK) sejumlah Rp.1.375.000.
3. Setelah mengisi blanko , silahkan anda setorkan ke teller untuk menunggu dipanggil namanya atau silahkan ambil nomer antrian .
4. INGAT ! Penyerahan uang dilakukan di Teller Bank , setelah menyerahkan uang ke Teller Bank anda akan menerima dua kuitansi , kuitansi pertama untuk Registrasi , SPP Tetap , UKK , Bandwith Internet , dan Deposit sedangkan kuitansi kedua untuk DPP / Shadaqoh . ( simpan baik – baik bukti setoran ini , sebagai bukti anda telah membayar)

via Transfer

1. Bila anda ingin melakukan pembayaran via transfer untuk pembayaran uang kuliah , ada dua alternatif transfer . Melalui bank Bukopin atau melalui bank Syariah Mandiri .

a. Transfer Bank Bukopin
- Pembayaran Shodaqoh (Rp.1.950.000) ke rekening a/n Badan Pelaksana Harian UMY No. rek : 1001451.045
- Pembayaran biaya pokok dan deposit (Rp.3.175.000) ke rekening a/n Universitas Muhammadiyah Yogyakarta No.rek : 1001450.049

b. Transfer Bank Syariah Mandiri
- Pembayaran Shodaqoh (Rp.1.950.000) ke rekening a/n Badan Pelaksana Harian UMY No. rek : 030.007.777.7
- Pembayaran biaya pokok dan deposit (Rp.3.175.000) ke rekening a/n Universitas Muhammadiyah Yogyakarta No.rek : 030.004.755.1

INGAT ! Pembayaran Shodaqoh dan biaya pokok dan deposit DITRANSFER di NOMOR REKENING yang BERBEDA baca petunjuk diatas .

2. Bukti transfer (struk) yang didapatkan setelah melakukan transfer diserahkan langsung ke teller Bank , bila anda transfer melalui bank Bukopin , ke Teller Bukopin . Bila melalui Bank Syariah Mandiri ke Teller Bank Syariah Mandiri .

2a. Bila transfer dilakukan melalui rekening lain , bukti transfer dapat di fax ke nomer (0274) 387 646 (cantumkan NAMA dan NOMER MAHASISWA dengan jelas pada kiriman fax ) , setelah bukti di fax silahkan diambil di Ruang Operator di Gd. AR-Fachrudin Lt. 1 (sebelah kiri pintu masuk Gd. Ar-Fachrudin A) . Bukti fax diambil dengan menunjukkan KTM anda .

3. Bukti transfer yang ditunjukkan di Teller akan ditukar dengan kuitansi pembayaran .

Kedua , melakukan Key – in dan pengisian KRS di Tata Usaha HI . Hal yang patut dipersiapkan adalah USERNAME dan PASSWORD . Username adalah NIM anda , dan Password adalah kode rahasia yang tertera pada lembar Nomor Identitas Personal pada saat awal anda masuk UMY .

1. Jadwal Mata Kuliah dapat diminta di bagian Tata Usaha HI pada jam pelayanan , jadwal mata kuliah merupakan referensi anda untuk mengisi KRS Online di komputer. Pada jadwal kuliah ini akan tercantum mata kuliah , kelas yang disediakan , kemudian pilihan waktu dan dosen .
2. Pengisian KRS Online dilakukan lewat Komputer yang tersedia di kantor Tata Usaha HI (kantor TU HI berada di samping basecamp IMM Komisariat FISIPOL di Gedung E.3 ) . Langkah – langkah yang anda lakukan :
a. Masukkan Username dan Password Anda .
b. Kemudian pilih menu “KRS Online”
c. Masukkan Password (lagi)
d. Pilih mata kuliah yang anda akan ambil ( sebaiknya anda membaca dulu jadwal kuliah yang diberikan sebelum mengisi KRS Online untuk mencocokkan jadwal ).
e. Setelah memilih mata Kuliah , maka dengan ini anda telah mendaftar pada mata kuliah tersebut . Kemudian pilihan mata kuliah anda akan di-print .

Seputar KRS

T : Bagaimana jika saya tidak tahu mengatur jadwal kuliah ?
J : Sebaiknya anda memilih saja kelas yang sama , misal kelas A saja semua yang anda pilih . Insya Allah tidak akan mengalami bentrok jam kuliah.
T : Bisakah saya mengambil kelas A untuk mata kuliah X sedangkan mengambil kelas C untuk mata kuliah Y ?
J : Hal itu bisa saja dilakukan , dengan catatan waktu yang diinginkan tersedia dan tidak mengalami crash diantara kedua mata kuliah .
T : Saya mau sekelas lagi dengan teman – teman saya , bisa tidak ya ?
J : Bisa saja , kenapa tidak ? Anda tinggal memilih kelas yang sama misal : anda ingin sekelas di kelas C , maka teman – teman anda juga harus memilih seluruh jadwal kuliah dengan kelas C . Maka anda akan satu kelas lagi , saya sarankan semakin variatif kelas anda semakin banyak teman anda .

Catatan Penting !

Batas akhir pembayaran sampai tanggal 28 Januari 2011
Perkuliahan dimulai tanggal 31 Januari 2011

Tulisan ini telah dimuat di SpontaNews yang diterbitkan 08 Januari 2011

0 komentar: