Asal Mula Kemunculan Hubungan Internasional

Hubungan internasional (IR) adalah studi tentang hubungan antara negara, termasuk peran negara, organisasi antar-pemerintah (IGO), organisasi internasional nonpemerintah (LSM), non- swadaya masyarakat (LSM) dan perusahaan multinasional (MNC). Ini adalah kedua akademisi dan lapangan kebijakan publik, dan dapat berupa positif atau normatif karena keduanya berusaha untuk menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu.Hal ini sering dianggap sebagai cabang ilmu politik (terutama setelah tahun 1988 UNESCO nomenklatur), tetapi sektor penting akademisi lebih suka memperlakukannya sebagai bidang studi interdisipliner.

Selain ilmu politik, IR (International Relations) mengacu pada berbagai bidang seperti ekonomi, sejarah, hukum internasional, filsafat, geografi, kerja sosial, sosiologi, antropologi, psikologi, kajian wanita / studi gender, dan studi budaya / culturology. Ini melibatkan beragam masalah termasuk tetapi tidak terbatas pada: globalisasi, negara kedaulatan, keamanan internasional, keberlanjutan ekologis, proliferasi nuklir, nasionalisme, perkembangan ekonomi, keuangan global, terorisme, kejahatan terorganisir, keamanan manusia, intervensi asing dan hak asasi manusia.

Sejarah hubungan internasional dapat ditelusuri ribuan tahun yang lalu;. Barry Buzan dan Little Richard, misalnya, mempertimbangkan interaksi kuno Sumeria negara-kota, mulai tahun 3.500 SM, sebagai sistem yang lengkap internasional pertama Sejarah hubungan internasional berdasarkan negara-bangsa ini sering ditelusuri kembali ke Perdamaian Westphalia dari 1648, di mana sistem negara modern dikembangkan. Sebelum ini, organisasi abad pertengahan Eropa otoritas politik didasarkan pada tatanan hirarkis agama samar-samar.Westphalia melembagakan konsep kedaulatan hukum, yang tidak ada di zaman klasik dan abad pertengahan, yang pada dasarnya berarti bahwa para penguasa, atau penguasa yang sah, tidak memiliki internal yang sama dalam wilayah tertentu dan tidak ada atasan eksternal sebagai otoritas tertinggi dalam kedaulatan wilayah itu perbatasan. Sebuah cara sederhana untuk pandangan ini adalah kedaulatan yang mengatakan, "Saya tidak diizinkan untuk memberitahu Anda apa yang harus dilakukan dan Anda tidak diizinkan untuk memberitahu apa yang harus kulakukan."

Westphalia mendorong bangkitnya negara-bangsa independen, pelembagaan diplomasi dan tentara. Sistem Eropa tertentu diekspor ke Amerika, Afrika, dan Asia melalui kolonialisme dan "standar peradaban". Sistem internasional kontemporer akhirnya dibentuk melalui dekolonisasi selama Perang Dingin.Namun, ini agak terlalu disederhanakan. Sementara sistem negara-bangsa dianggap "modern", banyak negara belum memasukkan sistem dan disebut "pra-modern".

Awalnya, hubungan internasional sebagai bidang studi hampir seluruhnya berpusat di Inggris. IR hanya muncul sebagai 'disiplin' akademis formal pada tahun 1918 dengan berdirinya 'kursi' pertama (guru) di IR - Woodrow Wilson Ketua pada Aberystwyth, University of Wales, dari sumbangan yang diberikan oleh David Davies, menjadi akademis pertama posisi didedikasikan untuk IR.Hal ini segera diikuti oleh pembentukan IR US universitas dan Jenewa, Swiss.Pada awal 1920-an, London School of Economics departemen 'Hubungan Internasional didirikan atas perintah dari pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Phillip Noel-Baker. Universitas pertama sepenuhnya didedikasikan untuk penelitian IR Institut Pascasarjana

oleh :
Novi Rizka A.

17 komentar:

  1. Balasan
    1. Original Kaos Distro Bandung akan membantu kebutuhan fashion Anda ataupun bisnis kaos distro Anda untuk seluruh wilayah Indonesia.

      Hapus
    2. Manfaat Nano Spray dan Magic Stick selain untuk menghilangkan jerawat batu secara alami juga untuk mengencangkan kulit baik untuk wajah maupun payudara wanita.

      Hapus
  2. Kebetulan saya sedang mencari artikel mengenai hubungan internasional antar negara. Artikel ini sangat bagus dan cocok untuk dijadikan referensi

    BalasHapus
  3. jual obat pembesar penis vimax asli canada herbal alami adalah produk herbal alami yang sangat efektip dan berhasiat untuk masalah laki-laki yang dapat menambah panjang dan lingkar penis, keinginan seksual, kesehatan seksual dan membantu untuk mencapai ereksi kuat. diformulasikan dari tumbuh-tumbuhan yang berasal dari seluruh dunia yang telah terbukti berhasiat, anda akan yakin bahwa obat pembesar penis vimax akan dapat meningkatkan kehidupan sexual anda.

    BalasHapus