[ PRESS RELEASE RAKORWIL #6 ]

Rapat koordinasi wilayah Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia ( FKMHII ) Wilayah IV telah berlangsung di Universitas  Muhammadiyah Yogyakarta pada hari minggu, 21 Mei 2017. Rakorwil kali ini juga dibarengi dengan agenda besar FKMHII Wilayah IV yakni babak final Mahabharata Debate Competition yang merupakan program kerja dari divisi penelitian dan pengembangan. Formasi anggota FKMHII Korwil IV kembali hadir lengkap saat rakorwil kali ini, namun anggota peninjau yakni Universitas Peradaban Bumiayu berhalangan hadir. Pada rakorwil kali ini FKMHII Wilayah IV juga menyambut kepengurusan baru dari Himahi Universitas Respati Yogyakarta yang baru saja melangsungkan transisi kepengurusannya.

Terdapat beberapa agenda utama yang dibahaskan dalam pertemuan kali ini, yakni pemaparan dan diskusi hasil Draft Kerjasama Youth Bali Democracy Forum ( YBDF ) antara FKMHII dan Kemlu RI yang telah disepakati pada Sidang Forum PSNMHII Unjani. Pelaksanaan YBDF ini akan berlangsung sekitar tanggal 7-8 Desember 2017 ( tentative ) di Nusa Dua Bali. Peserta berasal dari 50 universitas anggota FKMHII yang dimana setiap universitas dapat mengirimkan dua delegasi terbaik untuk mengikuti YBDF yang pertama ini.

Selanjutnya, dibahaskan pula terkait progress report program kerja kegiatan besar dari FKMHII Wilayah IV. Pertama, dari divisi minat dan bakat yang dihandle oleh Universitas Diponegoro dan Universitas Wahid Hasyim yakni Internasional Relations Sports Tournament ( IREST ). Kegiatan ini rencananya akan dilangsungkan pada bulan September di Kota Semarang dengan dua cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Futsal dan Basket 3 on 3 dengan kategori putra putri. Kedua, progress dari divisi litbang yakni terkait proker The Guardian of Model ASEAN yang kali ini bertema “Dilemma Security and Human Rights in Southeast Asia” dengan sistem double delegates. Kegiatan ini rencananya akan dihelat sekitar bulan Oktober mendatang. Progress report selanjutnya dari divisi Abdimas dan Lingkungan yang akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada bulan September nanti. Sasaran kegiatan ini yakni masyarakat desa di Provinsi D.I.Yogyakarta. Kegiatan ini pun merupakan salah satu bentuk capaian salah satu poin FML yakni social responsibility.

Selain itu, Himahi UPN Veteran Yogyakarta juga menyampaikan laporan pertanggung jawaban malam keakraban FKMHII Wilayah IV sekaligus evaluasi dari pelaksanaan makrab tahun ini. Universitas anggota FKMHII mengapesiasi suksesnya kegiatan makrab tahun 2017 yang telah mewadahi terjalinnya hubungan baik dan eratnya kekeluargaan lintas universitas anggota di Korwil IV. Agenda terakhir yakni evaluasi PSNMHII XXIX Unjani. Pada agenda kali ini para peserta yang turut hadir dalam PSNMHII Korwil IV sedikit flahsback dengan suka cita, keseruan, dan kekeluargaan yang terjalin di FKMHII khususnya korwil IV melalui aftermovie yang dibuat oleh salah satu delegasi dari Universitas Islam Indonesia. Universitas anggota FKMHII Wilayah IV turut mengapresiasi tuan rumah Universitas Jenderal Achmad Yani yang telah menyelenggarakan PSNMHII XXIX dengan cukup baik. Pengurus dan delegasi yang hadir juga memberikan evaluasi dan masukan terkait pelaksanaan PSNMHII tahun ini agar kedepannya dapat dijadikan pembelajaran oleh tuan rumah pertemuan-pertemuan nasional selanjutnya.

Sampai jumpa di rapat koordinasi wilayah selanjutnya!

Salam hangat,
Koordinator FKMHII Wilayah IV
Amelia Katemba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*