Pentingnya pemahaman dalam membuat tulisan seperti pembuatan berita, membuat Komahi UMY mengadakan agenda untuk masyarakat HI UMY yang diberi nama Diklat Kepenulisan. Diklat ini diadakan secara online menggunakan aplikasi Zoom dan membahas mengenai tata cara pembuatan sebuah artikel yang dipandu langsung oleh pembicara yang merupakan praktisi dalam dunia jurnalistik.

Pembicara dalam Diklat Kepenulisan adalah Rahmat Jiwandono yang merupakah wartawan “Tagar ID” yang menjelaskan tentang beberapa jenis tulisan berita. Kemudian Aji memfokuskan pembahasan kepada jenis berita yang biasa ditulis sebuah organisasi. Jenis berita tersebut adalah Reportase atau laporan yang biasanya ditulis secara singkat namun memenuhi kaidah 5W + 1H. Sebuah organisasi sering menulis berita jenis ini karena mereka memiliki segudang agenda yang wajib untuk dipublikasikan. Berita jenis ini biasanya akan melaporkan mengenai sebuah peristiwa yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Sifatnya yang menyerupai laporan membuat berita ini sering disebut ulasan ulang mengenai sebuah peristiwa.

Bagi sebuah organisasi mendalami cara penulisan jenis berita reportase akan membuat publikasinya berkualitas. Dengan peningkatan kemampuan ini, pembaca akan lebih tertarik dan kunjungan terhadap publikasi akan semakin meningkat. Aji menambahkan, kemampuan menulis sebuah berita sangat dipengaruhi oleh pengalaman penulis dalam membaca berita lain. Jadi seorang penulis berita sangat disarankan untuk memperbanyak referensi beritanya. Sehingga berita yang dihasilkan berkualitas dan menarik. (rs) (luc)

Komahi UMY

Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Komahi UMY) diresmikan pada 8 Agustus 1988, dan merupakan satu-satunya himpunan mahasiswa jurusan di prodi HI. Website beserta seluruh media sosial Komahi UMY, dikelola oleh Divisi Pers Mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *