Diklat Penelitian merupakan salah satu program kerja Komahi UMY yang diikuti oleh Mahasiswa HI UMY. Diklat tersebut diselenggarakan secara daring melalui media Zoom pada 29 April dan 9 Mei 2020. Agenda Diklat Penelitian bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terkait penelitian ilmiah. Melalui program kerja ini diharapkan Pengurus Divisi Penelitian dan mahasiswa HI UMY dapat memahami dan menguasai kaidah-kaidah penelitian yang berguna dalam membuat karya tulis.

Diklat Penelitian mengundang Dr. Sidik Jatmika, M. Si. di sesi pertama, dan Rajif Dri Angga di sesi kedua sebagai Pemateri, Dr. Sidik Jatmika, M. Si. merupakan Dosen HI UMY yang telah banyak melakukan kegiatan penelitian ilmiah maupun kepenulisan ilmiah. Diklat sesi pertama membahas tentang penelitian akademik, penelitian payung, dan hal-hal yang perlu dipersiapkan mahasiswa untuk menjadi Research Assistant. Kemudian pada sesi kedua menghadirkan perwakilan Institute of Research Empowerment (IRE) Yogyakarta, yaitu Bapak Rajif Dri Angga. IRE Yogyakarta merupakan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang penelitian dengan cakup isu lingukungan, sosial masyarakat, dan kebijakan pemerintah daerah. Kedua sesi diskusi dikemas secara interaktif dan telah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Selain itu Pengurus Divisi Penelitian membuat mini riset sebagai tindak lanjut ilmu yang didapat dari Diklat Penelitian. Mini riset yang dilakukan menghasilkan output berupa artikel hasil penelitian dengan tema yang diangkat yaitu “Dampak Cyberbullying terhadap Kesehatan Mental Korban”.(myfh)

Komahi UMY

Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Komahi UMY) diresmikan pada 8 Agustus 1988, dan merupakan satu-satunya himpunan mahasiswa jurusan di prodi HI. Website beserta seluruh media sosial Komahi UMY, dikelola oleh Divisi Pers Mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *